Nama Kelompok :
Yogi Husyen Prasetya (5C414421 )
Yogi Husyen Prasetya (5C414421 )
Rangga Dwi Fachreza
(58414905)
Firza (54414302 )
Bayu Hernawan W (52414063 )
Muhamad Rizki (57414000 )
Kelas : 3IA09
Dosen :Karmilasari
Proses lightning di Blender dengan
menggunakan tipe pencahayaan Matahari (Sun)
Pada tugas kali ini kami akan membuat sebuah efek pencahayaan
dengan tipe pencahayaan matahari yang mengenai objek statis dan bagaimana juga
sifat dari bayangan objek tersebut ketika
terkena efek pencahayaannya. Kemudian untuk melakukan tahapan-tahapan tersebut
kami membagi menjadi 2 subtansi yaitu permodelan objek dan proses pencahayaan
pada objek statis tersebut seperti berikut :
1.
Permodelan Objek
Pada
permodelan kali ini kita membuat beberapa objek yang akan kita fokuskan pada
tahap pencahayaan selanjutnya. Disini kita memiliki beberapa objek, seperti :
buku, vas bunga ,bola, lalu ada juga meja dan 2 jendela, disini kami tidak
begitu menjelaskan tahap-tahap pembuatan modelnya karena yang kami fokuskan
yaitu pada efek pencahayaannya selanjutnya.
2.
Proses Pencahayaan pada Objek Statis
Pada
tahap ini kita membutuhkan beberapa proses untuk membuat pencahayaannya menjadi
lebih realistis. Dan pencahyaan yang kami gunakan pada permodelan kali ini
yaitu dengan menggunakan pencahayaan sun/ matahari. Berikut adalah tahap-tahap
dalam proses pencahayaannya :
1. Setelah pembuatan modelling selesai kita harus merubah dahulu pada bagian render blender ke bagian cycles render yang berfungsi agar tingkat ketajaman pencahayaan lebih realistis dari pada di render blender
2. Kemudian kita tambahkan dahulu objek mataharinya
dengan dengan menekan tombol shift+A ,kemudian kita posisikan matahari tersebut
di luar jendela dan kita arahkan cahayanya masuk kedalam ruangan hingga
mengenai semua objek benda yang telah kita buat. Lalu pada properties
mataharinya ini kita perbesar ukuran strengthnya untuk memberikan efek
pencahayaan atau kekuatan cahayanya lebih terang, dan disini juga kita atur
sizenya yang berfungsi untuk memberikan ketajaman pada bayangan yang nanti
dimunculkan
3. Tahap selanjutnya kita tambahkan dahulu sebuah objek
baru sebuah kubus yang memiliki ukuran seluas pencahayaan untuk membuat efek
volumetric. Setelah itu kita masuk ke properties cubenya lalu pada bagian
Maximum draw type kita ubah menjadi wire fungsi dari menambahkan objek cube ini
dan menjadikannya wire ini yaitu agar kubus tidak terlihat pada viewport dan
pada saat render.
4. Tahap selanjutnya yaitu kita buat tampilan blender menjadi 2 , lalu
tampilan yang kanan kita ubah menjadi tampilan node editor. Lalu kita pilih
dahulu bagian cubenya lalu masuk ke tampilan node editor . lalu kita klik new
lalu hapus dahulu diffuse bsdf ,selanjutnya kita tambahkan dahulu volume
scatter dan volume absorption dan add shader caranya klik shift+A lalu pilih
shader lalu pilih volume scatter dan volume absorption. Lalu kita hubungkan
terlebih dahulu volume yang ada di volume scatter dengan volume yang ada di
material output. Lalu tambahkan add shader lalu letakan ditengah-tengahnya.
Lalu pada volume yang ada di volume absorption kita sambungkan dengan volume
yang ada di add shader.
5. Kemudian kita atur juga densitynya yang berfungsi
sebagai kerapatan volume cahaya yang masuk kedalam objeknya. Jadi semakin kecil
ukuran densitynya maka semakin rapat cahayanya dan semakin terlihat bagus. Dan
kita juga mengatur anisostropy nya agar pembiasan yang masuk dapat memberikan
bayangan yang terlihat lebih nyata.
Hasil output Pencahayaan
0 komentar:
Posting Komentar